Tao Te Ching - “Hidup seperti air mengalir”.


  1. Air bersifat nurturing yang sangat besar manfaatnya bagi makhluk hidup.
  •     “Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, Maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya, Maka arus itu membawa buih yang mengambang. dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya; Adapun yang memberi manfaat kepada manusia, Maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan.”(Ar-Ra’d: 17)
  1. Air bersifat adaptif, flexible, jernih, tegas, tenang, dan tangguh.
  • Air berubah bentuk tapi tidak berubah sifat. Dimanapun kita berada hendaklah kita tetap mempunyai kepribadian yang kuat, keimanan yang teguh, yang tidak mudah terpengaruh oleh perubahan kondisi dan lingkungan.
  • Flexibilitas air mampu menyesuaikan dirinya terhadap lingkungannya dengan baik.
  • Kejernihan air dapat digunakan untuk bercermin, kita harus mempunyai sikap dan tindakan yang positive supaya menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya.
  • Dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, kita harus bersikap tegas dan kuat menghadapi tantangan.
  • Untuk mencapai tujuan hidup kita harus tenang, sabar dan tawakal menghadapi semua pujian dan kritik.
  • Ombak yang bergulung, bencana banjir bandang atau Tsunami menjadi peringatan betapa dahsyatnya air.
  1. Air akan meninggalkan basah pada benda yang disinggahinya.
  • Benda yang telah dilewati air akan kering setelah beberapa saat, mulai dari hitungan detik hingga jam. Begitupun kita dituntut untuk tetap eksis meski ia telah tiada, baik karena sudah berpindah tempat ataupun wafat. Hanya kebaikan yang mampu mengabadikan kita dihati manusia lainnya dan ditransformasi melalui berbagai alur cerita kepada generasi setelahnya.
  1. Air tak tertangkap oleh genggaman tangan tetapi bisa dirasakan kehadirannya. Selain mempunyai sifat mengalir, air juga mempunyai sifat menguap.
  •  Naik keatas dan bertemu, berkumpul dan bersatu dengan uap air yang berasal dari berbagai tempat, dan dari pertalian ikatan ini akhirnya terbentuklah awan. Gumpalan awan ini kemudian bertemu dengan gumpalan-gumpalan lainnya sehingga semakin berat dan turunlah hujan yang menyejukan. Kesuksesan yang kita raih juga untuk menyejahterakan banyak orang.
  1. Air mempunyai sifat mengalir ke bawah atau tempat yang lebih rendah.
  •  Bersikaplah untuk selalu berwibawa & tawadlu'(rendah hati), dan jauhi sifat sombong serta arogan.
  1. Air akan mengalir ke laut yang merupakan kumpulan air dari seluruh dunia dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda.
  • Kita harus berpikir universal dan mempunyai wawasan yang luas, dan dapat menggalang kesatuan dan persatuan. Hentakan pukulan keras pada air, mungkin akan mencerai-berai menciprat air kesegala arah. Tapi ia akan tetap kembali bersatu lagi.
  •  Air sangat mudah berbaur dengan sesama air, sudah selayaknya kita juga bisa berbaur dan bersatu-padu antar sesama manusia. Air tidak bisa dibelah, selalu mengalah tapi tidak pernah kalah.
  1. Air suci digunakan untuk berwudhu sebelum shalat. Kekonsistenan dalam beribadah membuat kita menjauhi semua larangan Allah SWT. Air bersih memberikan manfaat yang membawa keberkahan.
Dividers for Myspace @ Fillster.com
HTML Guestbook is loading comments...

Samudera Aksara

Archive